MACAM-MACAM PROTOKOL BESERTA FUNGSINYA






1. ICMP (Internet Control Message Protocol)




        Merupakan salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau. ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak dapat digunakan secara langsung aplikasi jaringan milik pengguna. Salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP ECHO REQUEST) dan menerima echo reply  untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan.

2. POP3 (Post Office Protocol Versi 3)



       Protokol POP3 adalah protokol yang paling banyak digunakan di internet untuk mengambil email atau surat elektronik dari server email. Untuk saat ini protokol POP sudah berkembang sampai dengan generasi 3 atau lebih sering kita sebut dengan POP3. Protokol ini sangat erat berhubungan dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berfungsi untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke komputer server. Protokol POP3 dimaksudkan agar workstation untuk secara dinamis mengakses maildrop pada server email dengan cara yang efisien.

3. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)



       Merupakan salah satu protokol yang umum digunakan unttuk pengiriman surat eektronik atau email di internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Protokol ini timbul karena adanya desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh si penerima.

4. FTP (File Transfer Protocol)



       Merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP Client  dan FTP Server. Layanan FTP bisa diatur menjadi FTP Public, dimana semua orang dapat mengakses data-data yang ada di server FTP dengan mudah. Selain itu layanan FTP ini dapat diatur agar tidak semua orang dapat mengakses data-data yang ada di server, jadi hanya pengguna terdaftar saja yang mempunyai izin untuk mengakses data-data tersebut.

5. ARP (Address Resolution Protocol)



       Merupakan protokol yang berfungsi untuk memetakan IP Address menjadi MAC Address. Protokol ini adalah penghubung antara datalink layer dan ip layer TCP/IP. Semua komunikasi yang berbasis Ethernet menggunakan protokol ini. Intinya setiap komputer yang akan berkomunikasi pasti akan melaksanakan transaksi atau tukar menukar informasi terkait antara ip dan MAC Address. setiap transaksi akan tersimpan dalam cache OS anda. Bisa dilihat dengan menggunakan perinta ARP baik di windows ataupun linux.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian LAN Card Beserta Fungsi dan Cara Kerja LAN Card

Repeater : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaat